Bagaimana Dengan Keamanan Suplemen Makanan?

Homeopati vs Suplemen Herbal: Apakah arti sebuah nama?
Homeopati menggunakan zat alami yang berasal dari tumbuhan, hewan, atau sumber mineral dalam dosis mikro untuk membantu mekanisme alami tubuh untuk melindungi dan menyembuhkan diri sendiri. Di AS, obat homeopati diatur oleh Food and Drug Administration (FDA), namun dengan cara yang berbeda dibandingkan obat lain. Produsen obat homeopati ditangguhkan dari mengirimkan aplikasi obat baru untuk FDA dan produk mereka dibebaskan dari persyaratan praktek manufaktur yang baik. Namun, obat homeopati dalam bentuk sediaan oral padat harus memiliki petunjuk yang mengidentifikasi produsen, bahan aktif, dan kekuatan dosis, dan menunjukkan bahwa obat ini homeopati. Obat herbal terbuat dari bagian tanaman. Suplemen herbal tidak diatur sebagai obat oleh FDA dan dengan demikian dapat membuat klaim kesehatan beralasan.

Suplemen makanan mungkin tidak bebas risiko dalam keadaan tertentu. Pastikan untuk berkonsultasi dengan praktisi kesehatan Anda sebelum membeli atau mengkonsumsi suplemen apapun jika Anda sedang hamil, menyusui bayi, atau memiliki kondisi medis kronis seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung. Walaupun suplemen vitamin dan mineral umumnya dianggap aman buat anak-anak, Anda mungkin ingin memeriksa dengan dokter sebelum memberikannya pada anak Anda. Dalam banyak kasus, suplemen makanan dan obat homeopati dapat dipasarkan tanpa menunjukkan bukti keamanan atau keampuhan. Misalnya, agar produk dapat dihilangkan dari peredaran di Amerika Serikat,  FDA harus membuktikan bahwa produk tersebut berbahaya dan sering merugikan konsumen.

Produsen suplemen yang diizinkan untuk membuat klaim tentang kesehatan, kandungan gizi, dan struktur / fungsi, tunduk hanya pada pembatasan. Klaim kesehatan menggambarkan hubungan antara bahan suplemen makanan dan pengurangan risiko penyakit atau kondisi yang berhubungan dengan kesehatan. Misalnya, label pada botol kapsul Evening Primrose Oil  mungkin mengklaim bahwa produk, "Menyediakan bantuan dari gejala yang berhubungan dengan PMS dan menopause seperti kram, hot flashes, nyeri payudara, dan kemurungan."

Klaim Kandungan gizi mengacu pada persentase DV (nilai harian) kadar gizi suplemen yang tersedia. Suatu pernyataan  struktur / fungsi menjelaskan bagaimana satu produk dapat mempengaruhi organ atau sistem tubuh, dan tidak menyebutkan pengobatan untuk penyakit tertentu. Sebagai contoh: "CoQ10 mendukung fungsi jantung sebagai komponen dari sistem penghantar elektron, dan sebagai antioksidan yang melindungi membran mitokondria dan kolesterol dari oksidasi."

Ketika memilih suplemen nutrisi, diet, atau herbal, ingatlah hal-hal berikut:
Dalam pembuatan gizi, diet, dan suplemen herbal tidak perlu dilakukan penelitian untuk menentukan keamanan produk atau khasiat. Di AS, FDA tidak menganalisis isi suplemen makanan. Produsen suplemen makanan di AS harus memenuhi FDA Good Manufacturing Practices (GMP) untuk makanan, tetapi beberapa perusahaan juga mengikuti GMP untuk obat atas dasar sukarela.


Klaim kesehatan tertentu pada label suplemen makanan di AS tidak disetujui oleh FDA dan juga harus menyertakan disclaimer yang menyatakan suplemen gizi tidak dimaksudkan untuk "mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit." Nilai Harian (DV) menggambarkan asupan harian suplemen gizi tertentu yang direkomendasikan, jika telah ditetapkan.

Selain itu, perlu diingat masalah keamanan berikut saat mengambil suplemen vitamin atau mineral:
Jangan mengganti suplemen makanan untuk obat-obatan
Jika Anda sedang mempertimbangkan membeli suplemen makanan, hubungi petugas layanan kesehatan Anda terlebih dahulu. Dan ingat, hanya karena zat tersebut "alami" tidak berarti lebih lunak atau lebih bermanfaat bagi tubuh Anda. Banyak suplemen mengandung bahan aktif yang memiliki efek biologis yang kuat dan keselamatannya tidak terjamin.
Perhatian: Interaksi dengan obat lain
Beberapa suplemen makanan dapat berinteraksi dengan suplemen lain atau obat-obatan hasil resep atau racikan. Menggunakan kombinasi suplemen atau  produk tersebut dengan obat (baik resep atau OTC obat) dapat menyebabkan interaksi berbahaya yang bisa mengancam jiwa.

Beberapa interaksi negatif yang umum:


Beberapa suplemen makanan dapat memiliki efek yang tidak diinginkan selama operasi.
Anda mungkin diminta untuk berhenti minum produk tertentu 2 sampai 4 minggu ke depan untuk menghindari suplemen berinteraksi yang memiliki potensi bahaya, seperti perubahan denyut jantung, tekanan darah, dan meningkatkan pendarahan. Bicarakan dengan dokter Anda tentang segala sesuatu yang Anda konsumsi  sebelum operasi contoh vitamin, mineral, suplemen herbal, dan obat-obatan.


Beberapa suplemen makanan diketahui berbahaya
Hanya karena suatu produk beredar di pasaran tidak berarti sudah pasti aman. Ada beberapa herbal yang dikenal beracun masih tersedia untuk konsumen, seperti: aristolochia (terkait dengan gagal ginjal dan kanker di AS, Cina, Eropa, dan Jepang), yohimbe (stimulan seksual terkait dengan jantung dan masalah pernapasan); bitter orange (memiliki efek yang serupa dengan stimulan terlarang ephedra), dan chaparral (terkait dengan kerusakan hati).
Silakan ikuti artikel lainnya 'Meneliti Dan Membeli Suplemen Vitamin, Mineral Dan Herbal'