Kenapa Tubuh Manusia Membutuhkan Pangan Yang Aman?

Tubuh manusia terdiri dari komposisi air, karbon dan lain-lain. Asupan makanan yang dikonsumsi manusia membentuk kesehatan fisik dan non fisik bagi tubuh manusia. Sehingga makan sehat adalah suatu prioritas bagi kehidupan manusia. Karenanya idiom ‘Tubuhmu adalah apa yang engkau makan’ sangat benar adanya.


Sebaiknya pangan yang dikonsumsi oleh manusia memenuhi persyaratan berikut: 'bernilai gizi, berpenampilan baik, bercita rasa unik, berkhasiat bagi kesehatan, aman untuk dikonsumsi dan halal.'

Akan tetapi dilema yang ada pada saat ini, makanan atau pangan yang sehat dan harga murah merupakan pilihan utama, sedangkan di pasar banyak dijumpai harga pangan yang sehat juga tidak murah. Harga pangan yang murah kadang-kadang dikompensasikan oleh pangan yang tidak aman. 

Keadaan saat ini, mahalnya biaya rumah sakit dan obat menjadikan kebutuhan terhadap pangan yang aman dan harga terjangkau merupakan hal yang utama. Faktor-faktor lain meningkatnya jumlah penduduk, meningkatnya kesadaran terhadap kesehatan, program pemerintah untuk menurunkan tingkat kematian (mortalitas) dan (tingkat kematian kelahiran bayi) morbiditas, target pemerintah menaikkan daya saing bangsa juga merupakan alasan mengapa pada saat ini kebutuhan terhadap pangan yang aman semakin meningkat.

Untuk itu pangan yang aman dan layak untuk dikonsumsi adalah pangan yang bebas dari bahaya biologis, kimia dan fisik. 
Silakan baca artikel terkait Dasar Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Bahan Tambahan Pangan Yang Tidak Aman